Mengangkat Kasus Amenore Laktasi, Untuk Ibu Menyusui



Tanya:

Saya baru saja melahirkan anak pertama 3 bulan yang lalu. Saya juga menyusui. Yang mau saya tanyakan, apakah jika saya berhubungan dengan suami bisa menyebabkan kehamilan? Saya tidak memakai alat kontrasepsi apa pun.



Rita



Jawab:
Untuk Rita,



Bila ibu menyusui dan memberi ASI secara eksklusif, maka umumnya ibu akan mengalami suatu kondisi yang disebut sebagai Amenore Laktasi. Amenore artinya tidak mendapatkan haid, laktasi artinya kegiatan menyusui. Jadi secara harafiah bisa diartikan: tidak terjadinya haid yang diakibatkan oleh menyusui secara eksklusif.



Nah, Amenore Laktasi ini bisa diterapkan sebagai metode KB alami juga (ini merupakan salah satu keuntungan ibu memberikan ASI secara eksklusif). Jadi, selama ibu menyusui dan belum mendapat haid, kemungkinan untuk terjadinya kehamilan juga sangat kecil. Metode ini terbilang sangat efektif  dan tingkat efektivitasnya mencapai angka 98%.



Namun ini terjadi hanya selama 6 bulan pertama setelah melahirkan. Setelah lewat 6 bulan, biasanya kesuburan akan kembali dan metode KB alami ini perlu dibantu dengan metode kontrasepsi lainnya.

1 Response to "Mengangkat Kasus Amenore Laktasi, Untuk Ibu Menyusui"

  1. Menyusui penting bagi ibu, anak dan keluarga. menyusui meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga.. menyusui adalah baik.. kurang dukungan dan informasi menyusui membuat masyarakat menganggap menyusui dan susu formula sama. kami membuat web bertujuan meningkatkan informasi dan kesadaran untuk menyusui. silahkan kunjungi: www.menyusui.info

    ReplyDelete

Anda Segan Kamipun Segan
Anda Komen Kamipun Komen

Pasang Iklanmu Disini