Menengok Mahakarya Alam Lembah Harau, Sumatra Barat


Travel Padang

Jejak Informasi - Menengok Mahakarya Alam Lembah Harau, Sumatra Barat. Jika kalian sedang berlibur ke daerah Payakumbuh, Sumatra Barat, kalian perlu mengunjungi mahakarya alam Lembah Harau. Dilatari dengan hamparan sawah, lembah ini terlihat sangat besar sehingga membuat manusia terasa begitu kecil.

WISATA SUMATERA BARAT

Ngarai yang menjukang dahsyat di belakang hijaunya sawah ini terletak di Payakumbuh, Ibukota Kabupaten Limapuluh Koto, Sumbar. Dari pusat kota kalian perlu menaiki bus travel atau kendaraan sendiri, jaraknya hanya 13 Km. Udara yang dingin sejuk membuat kalian tidak perlu menyalakan AC. Sekitar 2 Km lagi kalian akan melihat pafar besar yang bertuliskan 'Selamat Datang di Objek Wisata Lembah Harau' Didepan gapura pintu masuk kawasan wisata itu, beberapa orang berkumpul bertugas untuk mengambil dana retribusi untuk kendaraan yang akan masuk ke objek wisata. Setiap kendaraan baik roda empat maupun roda dua harus membayar biaya retribusi tersebut. Untuk perorang dikenakan biaya Rp 5 ribu

Tidak mahal untuk melihat ngarai eksotis seperti lembah harau ini. Selain persawahan yang rapi, berjejer pula perumahan penduduk yang sederhana, namun terlihat begitu bersahaja. Dari kejauhan akan terlihat kalau desa unik ini diapit oleh lembah yang sangat indah. Jalanan yang lurus pun terasa seperti mentok ke dinding lembah bukit yang terjal.

Suasana Khas Sumatera Barat

Di seputar kawasan lembah harau terdapat pula pondok-pondok mini yang menjual berbagai macam makanan ringan khas Sumbar. Ada juga yang menjual kaos-kaos unik ala SUmbar. Disana juga ada beberapa sarana rekreasi untuk anak-anak kecil, ada kereta mini, ayunan dan kolam untuk sepeda air. Tapi memang sarana hiburan disana tidak terlalu banyak dan terkesan sederhana. Kalau kalian melihat dari jauh, rasanya tak mungkin bila perkampungan manusia bisa ada di daerah yang begitu terjal seperti kawasan lembah harau ini. Dinding bukit yang begitu megah nan besar bak tembok-tembok gedung pencakar langit yang terdapat di Ibukota. Indah nian mahakarya alam ini, meski beberapa kali Sumatra Barat di landa gempa, dinding-dinding bukit ini goyah sedikitpun, tetap kokoh berdiri melindungi perkampungan yang ada disana. 

Sungguh hebat ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa ini. Menyisiri daerah kawasan wisata lembah harau ini harus cukup sabar, karena tajammnya belokan serta sempitnya jalan membuat kalian harus sering menyalakan klakson karena sering ada kendaraan yang muncul dari arah berlawanan.. Menyusuri jalanan yang berliku dengan dikelilingi dinding bebatuan terjal membuat kalian akan merasa bahwa perkampungan beserta sawah-sawah yang ada disini terasa seperti berada di dalam lindungan lembah yang besar. Dan ternyata didalam kawasan lembah ini terdapat pula pemandian alami. Air yang mengalir dari bukit dibawah rindangnya hutan belantara membuat kalian akan disambut oleh monyet-monyet kecil yang lucu. Selain pemandian, ada juga kemping pramuka. 

Pada akhir pekan pun banyak wisatawan asing yang ingin merasakan indahnya lembah harau ini. Diantaranya berani turun ke sawah, merasakan bagaimana rasanya memanen padi. Para turis ini juga terlihat memotret keunikan alam ini sesekali. Meski kawasan wisata lembah harau ini sangat menawan, sayangnya objek pariwisata ini kurang mendapat perhatian dari dinas pariwisata setempat. Tidak tersedia penginapan yang memadai membuat para wisatawan akan kesulitan mendapat tempat istirahat yang baik. Penginapan yang tersedia pun masih sangat sederhana dan tidak ditata secara maksimal. Sehingga banyak turis yang datang enggan untuk menginap di kawasan wisata ini. Berikut adalah Jadwal Penerbangan dengan harga tiket pesawat murah ke Padang, Sumatera Barat pada tanggal 31 Agustus 2013.
 
Maskapai Kode Berangkat Tiba Harga Per Dewasa Keterangan
SJ 020 Jakarta (CGK) 12:05 Padang (PDG)13:50 IDR 520,000 Detail
JT 252 Jakarta (CGK) 05:50 Padang (PDG) 07:35 IDR 527,500 Detail
JT 354 Jakarta (CGK) 15:25 Padang (PDG) 17:10 IDR 527,500 Detail
JT 358 Jakarta (CGK) 10:30 Padang (PDG) 12:15 IDR 527,500 Detail
JT 350 Jakarta (CGK) 08:10 Padang (PDG) 09:55 IDR 527,500 Detail

Jejak Informasi | Informasinya Kita Semua 
Demikian informasi mengenai Menengok Mahakarya Alam Lembah Harau, Sumatra Barat, semoga bermanfaat.

8 Responses to "Menengok Mahakarya Alam Lembah Harau, Sumatra Barat"

Anda Segan Kamipun Segan
Anda Komen Kamipun Komen

Pasang Iklanmu Disini