Masalah Masih Terus Terjadi Terhadap Abdel Maguid Mahmoud


Jejak Informasi | Masalah Masih Terus Terjadi Terhadap Abdel Maguid Mahmoud. Pemecatan Jaksa Agung Mesir Abdel Maguid Mahmoud oleh Presiden Mohamed Moursi pada Kamis malam menimbulkan pro-kontra. 
Partai Kebebasan dan Keadilan, sayap politik Ikhwanul Muslimin, tempat Presiden Moursi berasal, mendukung pemecatan tersebut karena beranggapan bahwa Jaksa Agung Abdel Maguid selama ini menghambat hukuman berat terhadap koruptor. 
Mereka merujuk pada pembebasan sejumlah perwira polisi yang dianggap bertanggung jawab terhadap pembunuhan 850 demonstran anti rezim Presiden Hosni Mubarak pada awal tahun silam. 
Mantan Ketua DPR Fathi Sourur dan mantan Ketua MPR SAfwat Al Sharif yang dianggap mengerahkan pasukan onta ke Bundaran Tahrir untuk melawan pro reformasi juga dibebaskan. 
Mantan Presiden Mubarak dan mantan Menteri Dalam Negeri Habib Al Adly yang kini mendekam di penjara Torah, Kairo, juga dianggap vonis hukumannya terlalu ringan dari dakwaan korupsi dan penyelewengan kekuasaan. 
Sebaliknya, pihak penolak pemecatan dari kalangan oposisi seperti Partai Al Wafd menilai Presiden Moursi mencampuri urusan peradilan. 
Partai Dustur yang diketuai tokoh reformasi Mohamed Elbaredai memperingatkan Presiden Moursi untuk tidak memperkeruh suasana. 
Presiden Moursi pada Kamis malam mengambil sumpah Talaat Ibrahim sebagai Jaksa Agung baru untuk menggantikan Abdel Maguid. 
Abdel Maguid pada Oktober sesuai Keputusan Presiden Moursi telah diberhentikan sebagai jaksa agung dan diangkat menjadi duta besar Mesir untuk Vatikan, namun ditolak oleh Abdel Maguid. 
Pemecatan ini dilakukan di tengah situasi dan kondisi keamanan dan politik Mesir belum stabil. 
Bentrokan-bentrokan antar massa dan aparat keamanan secara sporadis terus berlangsung. 
Selain itu, penyusunan konstitusi baru juga mengalami jalan buntu setelah sejumlah anggota konstituate mengundurkan diri pada awal pekan ini. 
Pengetahuan dari JEJAK INFORMASI semoga bermanfaat.

0 Response to "Masalah Masih Terus Terjadi Terhadap Abdel Maguid Mahmoud"

Post a Comment

Anda Segan Kamipun Segan
Anda Komen Kamipun Komen

Pasang Iklanmu Disini